Friday, March 14, 2014

Apa yang terjadi ketika membuka situs google?

Apa yang terjadi ketika membuka situs google?

Ketika kita membuka situs google, terjadi beberapa proses yang disebut sebagai model OSI (Open Systems Interconnection) Layer. Berikut adalah diagaram OSI Layer :
osi_model.jpg

Dapat kita lihat bahwa OSI layer terbagi menjadi 2 bagian utama yaitu upper layers dan lower layers. Upper layers terdiri dari Application,Presentation, dan Session. Sedangkan lower layer terdiri dari Transport, Network, Data Link dan Physical.
Application adalah penyedia jasa aplikasi yang digunakan oleh user dalam hal ini browser yang kita gunakan untuk membuka situs google.
Presentasi adalah pengkonversi data sebelum ditransfer. Contoh hasil konversi misalnya lambang google dalam bentuk gambar berformat *.jpg
Session adalah pengatur kestabilan koneksi antara dua terminal yang sedang terhubung. Menurut saya hal tersbut ditunjukkan dari status LAN pada komputer yang digunakan. Sehingga dapat dilihat apakah koneksinya nyambung atau tidak. Cara lain adalah dengan mencoba membuka pada hal situs google (mengklik tombol search setelah memasukkan keyword yang ingin kita cari) bila tidak ada perubahan/muncul kata2 ERROR The requested URL could not be retrieved, berarti koneksi terputus.
Transport adalah pembagi data menjadi segmen dan pennyedia penanganan error. Menurut saya contohnya mungkin seperti di atas jika kita salah memasukkan alamat situs sehingga alamat tidak tersebut tidak dapat dicapai, maka akan muncul pemberitahuan error.
Network adalah pengatur dari rute yang dituju sehingga jalur tercepat akan dipilih untuk menuju tujuan dalam hal ini situs google.
Data link adalah yang memaketkan data yang kita ingin kirim melalui jaringan menjadi frame, dalam hal ini memaketkan datakeyword yang ingin kita cari melalui situs google.
Physical adalah media yang mentransfer data dalam bentuk paket (bit), misalnya kabel LAN atau perangkat wireless.


No comments:

Post a Comment